SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Tema 4 : Sehat itu Penting
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, mengajukan pertanyaan berkenaan dengan dan mencoba
berdasarkan rasa ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan ana ksehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
PPKn
|
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyara kat
|
· Semangat kebhinne-katunggalikaan dan keragaman agama,
suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara -adat,
sosial, dan ekonomi dalam kehidu-pan
bermasya-rakat
|
Mengamati
·
Membaca wacana tentang nilai-nilai persatuan pada
masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·
Membaca isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
Menyimak tentang prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan
antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
·
Membaca rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·
Mengamati keliling dan luas lingkaran untuk menemukan rumus keliling dan
luas lingkaran
·
Mengamati luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi
banyak
·
Menyimak penjelasan tentang kesetaraan menggunakan perkalian atau
pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·
Mengamati gambar rangka manusia dan fungsinya
·
Memperhatikan gambar jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan
rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·
Mengamati gambar bagan rangka manusia beserta fungsinya
·
Mengamati manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·
Mengamati prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk
topeng Nusantara
·
Mendengarkanharmoni musik dan lagu daerah
·
Menyimak tentang fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·
Menyimak prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan
ciri khas daerah
·
Memperhatikan penjelasan tentangunsur-unsur budaya daerah dalam bahasa
daerah
·
Mengamati topeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya
topeng nusantara
·
Mengamati alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur
lagu
·
Melihatgerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
·
Melihatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi
buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·
Mengamati pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·
Mengamati anaktivitas daya tahan aerobik dan anaerobikuntuk pengembangan
kebugaran jasmani
·
Mempraktekkan satu gaya renang yang berbeda dalam jarak tertentu
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan
nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·
Menjawab pertanyaan isi teks penjelasan tentang proses daur air,
rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan
fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
Bertanya tentang dengan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis
hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan Mengajukan pertanyaan
berkenaan dengan pola
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan keliling dan luas lingkaran serta
menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan luas permukaan dan volume dari
heksahedron dan prisma segi banyak
·
Bertanya berkenaan dengan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian
dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan rangka manusia dan fungsinya
·
Bertanya jawab dengan jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan
rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan bagan rangka manusia beserta fungsinya
·
Dialog berkenaan dengan manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia
·
Bertanya jawabmanusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di
wilayah Indonesia
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan prinsip seni dalam menggambar komik,
dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·
Mewawancarai berkenaan dengan harmoni musik dan lagu daerah
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan fungsi properti yang dapat
digunakan dalam tari
·
Tanya jawabprosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan
ciri khas daerah
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan unsur-unsur budaya daerah dalam
bahasa daerah
·
Membuattopeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya
topeng nusantara
·
Memainkanalat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur
lagu
·
Melakukangerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
·
Membuatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi
buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan pengaruh aktivitas fisik yang
berbeda terhadap tubuh
·
Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan aktivitas daya tahan aerobik dan
anaerobic untuk pengembangan kebugaran jasmani
·
Mempraktekan berkenaan dengan satu gaya
renang yang berbeda dalam jarakt ertentu
Mengeksperimen
·
Berdiskusi tentang nilai-nilai Persatuan pada masa Islam dalam kehidupan
di masyarakat
·
Mendiskusikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh
(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
·
Membicarakan prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan Menentukan
pola
·
Mencari rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·
Mencari keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan
luas lingkaran
·
Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi
banyak
·
Menentukan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah
nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·
Mendiskusikanrangka manusia dan fungsinya
·
Menentukan jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan
pada ekosistem di lingkungan sekitar
·
Berdiskusi tentangbagan rangka manusia beserta fungsinya
·
Menentukan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·
Berdiskusi tentangmanusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di
wilayah Indonesia
·
Membuat seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng
Nusantara
·
Mempraktekkan dan menyanyikanharmoni musik dan lagu daerah
·
Membuat properti yang dapat digunakan dalam tari
·
Menentukan prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan
ciri khas daerah
·
Menentukan unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·
Membuattopeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya
topeng nusantara
·
Menentukan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur
lagu
·
Memperagakangerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
·
Membuatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi
buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·
Menentukan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·
Mendiskusikananaktivitas daya tahan aerobik dan anaerobik untuk
pengembangan kebugaran jasmani
·
Menentukan satu gayarenang yang berbeda dalam jarak tertentu
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·
Menarik kesimpulandari isi teks penjelasan tentang proses daur air,
rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan
fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
Menyimpulkan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan
antar simbol, informasi yang relevan, dan Menyimpulkan pola
·
Menentukanrumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·
Mencarikeliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan
luas lingkaran
·
Menyelesaikanluas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi
banyak
·
Menyelesaikankesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan
jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·
Membuat rangkumanjenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai
makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·
Membuat kesimpulanbagan rangka manusia beserta fungsinya
·
Merangkumtentangmanusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di
wilayah Indonesia
·
Membuat gambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·
Menyanyikanharmoni musik dan lagu daerah
·
Membuat properti yang dapat digunakan dalam tari
·
Mendiskusikan prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif
berdasarkan ciri khas daerah
·
Merangkum unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·
Membuattopeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya
topeng nusantara
·
Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur
lagu
·
Menirukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
·
Membuat karya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi
buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·
Menyimpulkan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·
Membuat kesimpulan anaktivitas daya tahan aerobik dan anaerobic untuk
pengembangan kebugaran jasmani
·
Menyimpulkan satu gayarenang yang berbeda dalam jarak tertentu
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·
Menjelaskan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan
fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
Menjelaskanprosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar
simbol, informasi yang relevan, dan Menyampaikan hasil konseptualisasi pola
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi rumus keliling dan luas lingkaran
melalui suatu percobaan
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi keliling dan luas lingkaran serta
menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi luas permukaan dan volume dari
heksahedron dan prisma segi banyak
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi kesetaraan menggunakan perkalian atau
pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya
·
Menjelaskanjenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan
pada ekosistem di lingkungan sekitar
·
Menyampaikan penjelasan tentangmanusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia
·
Mensosialisasikan prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan
membentuk topeng Nusantara
·
Memaparkan harmoni musik dan lagu daerah
·
Memaparkani fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi prosedur dan langkah kerja dalam
berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·
Menjelaskan unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·
Membuat topeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya
topeng nusantara
·
Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur
lagu
·
Melakukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
·
Membuatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi
buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·
Menjelaskanpengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi anaktivitas daya tahan aerobik dan
anaerobic untuk pengembangan kebugaran jasmani
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi satu gayarenang yang berbeda dalam
jarak tertentu
|
Proyek
· Mengamati
Gambar di perpustakaan/sum-ber belajar lainnya tentang
nilai persatuan dan kesatuan
· Mengamati lingkungan sekitar tentang manusia dan hewan
· Mengamati tentanglaporan buku
Portofolio
· Kliping pelaksanaan nilai
persatuan dan kesatuan
· Menulis Teks bacaan
· Membuat laporan tentang Buku
· Membuat rangkuman Manusia dan
lingkungan
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
· Bernyanyi
· Membaca teks wacana
· Mengerjakan LKS tentang keliling dan luas
· Menyelesaikan LKS luas permukaan dan volume
· Memainkan alat musik daerah
· Menyanyikan lagu daerah
· Melaporkan hasil diskusi/observasi
· Melakukan percobaan mencari luas dan keliling lingkaran
· Mempraktekkan gerak aerobik dan an aerobic
·
Mempraktekkan
salah satu gaya renang
|
· Buku Tematik Kelas V Tema 4
· Media gambar
· Casette tape recorder
· Bahan kegiatan seni rupa
· Alat musik
· Alat untuk tari
· Perlengkapan untuk eksperimen
· Surat kabar, majalah,
tabloid, print out internet dll
|
||||
1.2 Menghargai kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat dan berbangsa
|
· Kebersamaan dalam
· Keberaga-man sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidu-pan bermasya-rakat dan
berbangsa
|
||||||||
2.1 Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta
maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam
semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila
|
· Perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta
maaf dan memberi maaf yang di jiwai ketelada-nan pahlawan kemerdekaan RI
|
||||||||
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai
hak dan kewajiban dalam bidang sosial,
ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai
Pancasila dan UUD 1945
|
· Perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum
sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD
1945
|
||||||||
2.3 Menunjukkan penghargaan
terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat
|
· Proses pengam-bilan keputusan atas dasar musyawa-rah mufakat
|
||||||||
2.4 Menunjukkan perilaku cinta
tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
|
· Perilaku -cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyara-kat
|
||||||||
3.5 Memahami Nilai-nilai
Persatuan pada masa Islam
|
· Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
|
||||||||
4.5. Mensimulasikan nilai-nilai
persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
|
· Nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidu-pan di masyara-kat
|
||||||||
Bahasa Indonesia
|
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih
unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
|
· Makna anuge-rah Tuhan Yang Maha Esa
|
|||||||
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang
Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
|
· Proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
|
||||||||
2.1 Memiliki kepedulian dan
tanggung jawab terhadap makanan dan
rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
· Kepedulian dan tang-gung jawab terhadap makanan dan
rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaat-an bahasa Indonesia
|
||||||||
2.2 Memiliki perilaku jujur dan
disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
· Perilaku jujur
dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
|
||||||||
2.3 Memiliki perilaku santun dan
jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai
kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
· Perilaku santun dan jujur serta bertang-gung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
||||||||
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung
jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimban-gan
ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
· Kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air
terhadap bencana alam dan keseim-bangan
ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara
|
||||||||
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang
nilai-nilai perkembang-an kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
· Rasa percaya diri
dan cinta tanah air tentang
nilai-nilai perkem-bangan kerajaan
Islam
|
||||||||
3.1 Menguraikan isi teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
· Teks bacaan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapa-san
|
||||||||
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
· Makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
|
||||||||
Matematika
|
1.1 Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
· Menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap kritis,
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, dan tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam melaksanakan
tugas
|
· Sikap kritis,
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, dan tidak mudah menyerah
serta bertang-gung jawab dalam
melaksanakan tugas
|
||||||||
2.2 Menunjukkan sikap berpikir
logis, kritis dan kreatif.
|
· Sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
|
||||||||
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
· Rasa ingin tahu dan ketertari-kan pada matemati-ka yang
terbentuk melalui pengala-man belajar
|
||||||||
2.4 Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan
|
· Sikap menghar-gai kegunaan matemati-ka dalam kehidu-pan
|
||||||||
2.5 Memiliki sikap terbuka,
objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
|
· Sikap terbuka, objektif, menghar-gai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari
|
||||||||
3.6 Memilih prosedur pemecahan
masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan,
dan mengamati pola
|
· Prosedur pemecahan masalah dengan mengana-lisis hubungan antar
simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
|
||||||||
3.7. Menemukan rumus keliling dan
luas lingkaran melalui suatu percobaan
|
· Rumus keliling
dan luas lingkaran
|
||||||||
4.3 Menunjukkan kesetaraan
menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui
pada kedua sisi
4.4 Menentukan nilai simbol yang
tidak diketahui dalam suatu persamaan
4.5 Melakukan percobaan dan
melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta
menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
|
· Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai
yang tidak diketahui
· Nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan
· Menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan
rumus keliling dan luas lingkaran
|
||||||||
4.12 Menemukan luas permukaan dan
volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
|
· Luas permuka-an dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
|
||||||||
IPA
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
|
· Hubungan keteraturan dan kompleksi-tas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujud-kannya
dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
|
|||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah
dan berdiskusi
|
· Perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
|
||||||||
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
|
· Implementasi melaksana-kan penelaahan fenomena alam
|
||||||||
3.1 Mendeskripsikan rangka
manusia dan fungsinya
|
· Rangka manusia dan fungsinya
|
||||||||
3.7 Mengenal jenis hewan dari
makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan
sekitar
|
· Mengenal jenis hewan dari makanan- nya dan mendeskrip-sikan
rantai makanan- nya
|
||||||||
4.1 Membuat bagan rangka manusia
beserta fungsinya
|
· Bagan rangka
manusia beserta fungsinya
|
||||||||
IPS
|
1.1 Menerima karunia Tuhan YME
yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
|
· Menerima karunia Tuhan YME yang telah mencipta- kan
waktu dengan segala perubahan-nya
|
|||||||
1.2 Menjalankan ajaran agama
dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
|
· Menjalan- kan ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku
|
||||||||
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME
yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
· Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan- nya
|
||||||||
2.1 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa
kebangsaan
|
· Perilaku bijaksana dan bertanggung-jawab, peduli,
santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh- tokoh pada masa penjajah-an dan gerakan kebangsaan
|
||||||||
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
|
· Perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki
motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi
dan politik
|
||||||||
2.3 Menunjukkan perilaku peduli,
gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penang-gulangan permasalahan
lingkungan hidup
|
· Perilaku peduli, gotong-royong, tanggung-jawab dalam
berpartisipasi penang-gulangan permasala-han
lingkungan hidup
|
||||||||
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya
dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
|
· Manusia dan
lingkungan
|
||||||||
4.3 Menyajikan pemahaman tentang
manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
|
· Manusia dan
lingkungan
|
||||||||
SBdP
|
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman
karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan
|
||||||||
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri
dalam mengolah karya seni
|
· Mengolah karya seni
|
||||||||
2.2 Menghargai alam dan
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
|
· Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber
ide dalam berkarya seni
|
||||||||
2.3 Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni
|
· Perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian
terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni
|
||||||||
2.4 Menunjukkan kemampuan
bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di rumah dan
sekolah
|
· Kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan
mengguna-kan bahasa daerah di rumah dan sekolah
|
||||||||
3.1 Mengenal prinsip seni dalam
menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
|
· Apresiasi prakarya
|
||||||||
3.2 Mengenal harmoni musik dan
lagu daerah
|
· Apresiasi musik
|
||||||||
3.3 Memahami fungsi properti yang
dapat digunakan dalam tari
|
· Apresiasi tari
|
||||||||
3.4 Memahami prosedur dan langkah
kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
|
· Apresiasi budaya
|
||||||||
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
|
· Apresiasi b udaya
|
||||||||
4.4 Membuat topeng dari berbagai
media berdasarkan hasil pengamatan karya topeng nusantara
|
· Apresiasi prakarya
|
||||||||
4.5 Memainkan alat musik campuran
antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
|
· Apresiasi musik
|
||||||||
4.12 Memperagakan gerak tari
bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan
iringan
|
· Apresiasi tari
|
||||||||
4.15 Membuat apotik hidup
|
· Apotik hidup
|
||||||||
4.16 Membuat karya kreatif
teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi buatan yang menimbulkan gerak
atau bunyi
|
· Apresiasi tari
|
||||||||
PENJAS ORKES
|
1.1 Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
|
· Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan-nya
|
|||||||
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa
tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
|
· Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus di pelihara dan dibina
|
||||||||
2.1 Berperilaku sportif dalam
bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap
keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
|
· Berperilaku sportif dalam bermain
· Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran
|
||||||||
2.3 Menghargai perbedaan
karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan
bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5 Toleransi dan mau berbagi
dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama melakukan
berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan.
|
· Menghargai perbedaan karakteris-tik individual
· Menunjukkan kemauan bekerja-sama
· Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain
· Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
· Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
||||||||
3.8. Memahami konsep salah satu
gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*
3.9 Memahami manfaat pemeliharaan
kebersihan alat reproduksi.
3.11 Memahami bahaya merokok
terhadap kesehatan tubuh
|
· Gerak dan aktivitas
· Kesehatan
|
||||||||
4.8. Mempraktikkan salah satu gaya
renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*
4.9 Menceritakan cara
pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
4.11 Menceritakan bahaya merokok
terhadap kesehatan tubuh.
|
· Gerak dan aktivitas
· Cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
· Bahaya merokok
terhadap kesehatan tubuh.
|
||||||||
Mengetahui Kepala Sekolah
SD / MI
..........................…….
(
________________________________ )
NIP/NIK : …………………
|
…………..., ………………… 20
…
Guru Kelas V (Lima)
(
________________________________ )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar