Silabus

Silabus Kelas V Kurikulum 2013


                                                      SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan         :   SD/MI
Kelas / Semester             :   V (Lima) / 2
Tema 4                           :   Sehat itu Penting

 

Kompetensi Inti
KI 1    :   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3    :   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, mengajukan pertanyaan berkenaan dengan dan mencoba berdasarkan rasa ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4    :   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan ana ksehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.









Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPKn

1.1    Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyara kat

·     Semangat kebhinne-katunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara -adat, sosial,   dan ekonomi dalam kehidu-pan bermasya-rakat
Mengamati
·     Membaca wacana tentang nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·     Membaca isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Menyimak tentang prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
·     Membaca rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·     Mengamati keliling dan luas lingkaran untuk menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·     Mengamati luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
·     Menyimak penjelasan tentang kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·     Mengamati gambar rangka manusia dan fungsinya
·     Memperhatikan gambar jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·     Mengamati gambar bagan rangka manusia beserta fungsinya
·     Mengamati manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Mengamati prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Mendengarkanharmoni musik dan lagu daerah
·     Menyimak tentang fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Menyimak prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Memperhatikan penjelasan tentangunsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Mengamati topeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya topeng nusantara
·     Mengamati alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
·     Melihatgerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
·     Melihatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·     Mengamati pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·     Mengamati anaktivitas daya tahan aerobik dan anaerobikuntuk pengembangan kebugaran jasmani
·     Mempraktekkan satu gaya renang yang berbeda dalam jarak tertentu

Menanya
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·     Menjawab pertanyaan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Bertanya tentang dengan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan pola
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
·     Bertanya berkenaan dengan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan rangka manusia dan fungsinya
·     Bertanya jawab dengan jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan bagan rangka manusia beserta fungsinya
·     Dialog berkenaan dengan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Bertanya jawabmanusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Mewawancarai berkenaan dengan harmoni musik dan lagu daerah
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Tanya jawabprosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Membuattopeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya topeng nusantara
·     Memainkanalat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
·     Melakukangerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
·     Membuatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan aktivitas daya tahan aerobik dan anaerobic untuk pengembangan kebugaran jasmani
·     Mempraktekan berkenaan dengan satu gaya renang yang berbeda dalam jarakt ertentu

Mengeksperimen
·     Berdiskusi tentang nilai-nilai Persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·     Mendiskusikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Membicarakan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan Menentukan pola
·     Mencari rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·     Mencari keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·     Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
·     Menentukan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·     Mendiskusikanrangka manusia dan fungsinya
·     Menentukan jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·     Berdiskusi tentangbagan rangka manusia beserta fungsinya
·     Menentukan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Berdiskusi tentangmanusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Membuat seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Mempraktekkan dan menyanyikanharmoni musik dan lagu daerah
·     Membuat properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Menentukan prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Menentukan unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Membuattopeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya topeng nusantara
·     Menentukan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
·     Memperagakangerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
·     Membuatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·     Menentukan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·     Mendiskusikananaktivitas daya tahan aerobik dan anaerobik untuk pengembangan kebugaran jasmani
·     Menentukan satu gayarenang yang berbeda dalam jarak tertentu

Mengasosiasi
·     Menyimpulkan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·     Menarik kesimpulandari isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Menyimpulkan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan Menyimpulkan pola
·     Menentukanrumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·     Mencarikeliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·     Menyelesaikanluas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
·     Menyelesaikankesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·     Membuat rangkumanjenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·     Membuat kesimpulanbagan rangka manusia beserta fungsinya
·     Merangkumtentangmanusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Membuat gambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Menyanyikanharmoni musik dan lagu daerah
·     Membuat properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Mendiskusikan prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Merangkum unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Membuattopeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya topeng nusantara
·     Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
·     Menirukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
·     Membuat karya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·     Menyimpulkan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·     Membuat kesimpulan anaktivitas daya tahan aerobik dan anaerobic untuk pengembangan kebugaran jasmani
·     Menyimpulkan satu gayarenang yang berbeda dalam jarak tertentu

Mengkomunikasikan
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·     Menjelaskan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Menjelaskanprosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan Menyampaikan hasil konseptualisasi pola
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
·     Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya
·     Menjelaskanjenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·     Menyampaikan penjelasan tentangmanusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Mensosialisasikan prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Memaparkan harmoni musik dan lagu daerah
·     Memaparkani fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Menjelaskan unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Membuat topeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya topeng nusantara
·     Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
·     Melakukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
·     Membuatkarya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·     Menjelaskanpengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi anaktivitas daya tahan aerobik dan anaerobic untuk pengembangan kebugaran jasmani
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi satu gayarenang yang berbeda dalam jarak tertentu

Proyek
·     Mengamati Gambar di perpustakaan/sum-ber belajar lainnya tentang nilai persatuan dan kesatuan
·     Mengamati lingkungan sekitar tentang manusia dan hewan
·     Mengamati tentanglaporan buku

Portofolio
·     Kliping pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan
·     Menulis Teks bacaan
·     Membuat laporan tentang Buku
·     Membuat rangkuman Manusia dan lingkungan

Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·     Bernyanyi
·     Membaca teks wacana
·     Mengerjakan LKS tentang keliling dan luas
·     Menyelesaikan LKS luas permukaan dan volume
·     Memainkan alat musik daerah
·     Menyanyikan lagu daerah
·     Melaporkan hasil diskusi/observasi
·     Melakukan percobaan mencari luas dan keliling lingkaran
·     Mempraktekkan gerak aerobik dan an aerobic
·     Mempraktekkan salah satu gaya renang
6 x 32 JP
·     Buku Tematik Kelas V Tema 4
·     Media gambar
·     Casette tape recorder
·     Bahan kegiatan seni rupa
·     Alat musik
·     Alat untuk tari
·     Perlengkapan untuk eksperimen
·     Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
·     Kebersamaan dalam
·     Keberaga-man sebagai anugerah    Tuhan  Yang Maha Esa    dalam kehidu-pan bermasya-rakat dan berbangsa
2.1    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
·     Perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya  diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang di jiwai ketelada-nan pahlawan kemerdekaan   RI
2.2    Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban  dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
·     Perilaku sesuai hak dan kewajiban  dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3    Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat
·     Proses pengam-bilan keputusan atas dasar musyawa-rah  mufakat
2.4    Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
·     Perilaku -cinta   tanah air Indonesia dalam kehidupan   di rumah, sekolah, dan masyara-kat
3.5    Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
·     Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
4.5.   Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
·     Nilai-nilai persatuan pada masa Islam  dalam kehidu-pan di masyara-kat
Bahasa Indonesia
1.1    Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan


·     Makna anuge-rah Tuhan  Yang Maha Esa
1.2    Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
·     Proses kehidupan bangsa   dan lingkungan    alam
2.1    Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan  rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
·     Kepedulian dan tang-gung   jawab terhadap makanan   dan  rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaat-an bahasa Indonesia

2.2    Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
·     Perilaku   jujur dan disiplin tentang proses daur air    rangkaian   listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
2.3    Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
·     Perilaku santun   dan jujur serta bertang-gung   jawab     dan  disiplin tentang ekspor             impor    sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
2.4    Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimban-gan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
·     Kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana  alam dan keseim-bangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara
 2.5   Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembang-an kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
·     Rasa percaya   diri dan             cinta tanah air tentang nilai-nilai perkem-bangan  kerajaan Islam

3.1    Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Teks bacaan tentang proses  daur air,  rangkaian listrik,   sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta  sistem pernapa-san


4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
Matematika
1.1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
·     Menghargai ajaran  agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, dan tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas
·     Sikap  kritis, cermat dan  teliti, jujur,  tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, dan tidak  mudah menyerah serta bertang-gung    jawab dalam melaksanakan tugas
2.2    Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
·     Sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
2.3    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
·     Rasa ingin tahu dan ketertari-kan pada matemati-ka yang terbentuk melalui pengala-man belajar

2.4    Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan

·     Sikap menghar-gai kegunaan matemati-ka dalam kehidu-pan
2.5    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
·     Sikap terbuka, objektif, menghar-gai pendapat  dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.6    Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
·     Prosedur pemecahan masalah   dengan mengana-lisis hubungan antar simbol,  informasi yang relevan,  dan mengamati pola
3.7.   Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
·     Rumus keliling   dan luas lingkaran

4.3    Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi

4.4    Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan

4.5    Melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
·     Menunjukkan kesetaraan menggunakan  perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui
·     Nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan
·     Menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran

4.12  Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
·     Luas permuka-an dan volume dari heksahedron  dan prisma segi banyak

IPA
1.1    Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
·     Hubungan keteraturan dan   kompleksi-tas alam   dan    jagad raya  terhadap kebesaran   Tuhan yang menciptakannya, serta mewujud-kannya dalam pengamalan ajaran  agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
·     Perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

·     Implementasi melaksana-kan penelaahan fenomena alam


3.1    Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya
·     Rangka manusia    dan fungsinya
3.7    Mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
·     Mengenal jenis hewan dari makanan- nya dan mendeskrip-sikan rantai makanan- nya
4.1    Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya

·     Bagan  rangka manusia beserta fungsinya
IPS


1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
·     Menerima karunia Tuhan YME yang telah mencipta- kan waktu dengan segala perubahan-nya
1.2    Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat
·     Menjalan- kan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku
1.3    Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
·     Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan- nya
2.1    Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan  kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
·     Perilaku bijaksana dan bertanggung-jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan  oleh tokoh- tokoh pada  masa penjajah-an dan gerakan  kebangsaan


2.2    Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan  lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
·     Perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi   internal ketika  berhubungan dengan   lembaga sosial, budaya,  ekonomi    dan politik
2.3    Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penang-gulangan permasalahan lingkungan hidup
·     Perilaku peduli, gotong-royong, tanggung-jawab dalam berpartisipasi penang-gulangan  permasala-han lingkungan hidup
3.3    Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Manusia   dan lingkungan
4.3    Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
·     Manusia    dan lingkungan
SBdP


1.1    Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan

2.1    Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
·     Mengolah karya seni
2.2    Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
·     Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya  seni


2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni

·     Perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya  seni
2.4    Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di rumah dan sekolah

·     Kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan mengguna-kan bahasa daerah di rumah dan sekolah
3.1    Mengenal prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Apresiasi prakarya

3.2    Mengenal harmoni musik dan lagu daerah
·     Apresiasi musik
3.3    Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Apresiasi tari
3.4    Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Apresiasi  budaya
3.5    Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Apresiasi b udaya
4.4    Membuat topeng dari berbagai media berdasarkan hasil pengamatan karya topeng nusantara
·     Apresiasi prakarya
4.5    Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
·     Apresiasi    musik
4.12  Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
·     Apresiasi   tari
4.15 Membuat apotik hidup

·     Apotik    hidup
4.16  Membuat karya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
·     Apresiasi tari
PENJAS ORKES
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
·     Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat    gerak dan kemampuan-nya
1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
·     Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus di  pelihara dan dibina

2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.

2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
·     Berperilaku sportif dalam bermain
·     Bertanggung jawab terhadap keselamatan   diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,   serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.

2.7    Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
·     Menghargai perbedaan karakteris-tik individual


·     Menunjukkan kemauan bekerja-sama

·     Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain

·     Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.

·     Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.8.   Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*
3.9    Memahami manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.
3.11  Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh
·     Gerak dan aktivitas



·     Kesehatan

4.8.   Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*
4.9    Menceritakan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
4.11 Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
·     Gerak dan aktivitas

·     Cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
·     Bahaya         merokok terhadap kesehatan tubuh.














Mengetahui Kepala Sekolah
SD / MI ..........................…….




( ________________________________ )
NIP/NIK : …………………

…………..., ………………… 20 …        
Guru Kelas V (Lima)




( ________________________________ )
NIP/NIK : …………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Sifat Perubahan Bentuk Benda