RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Mathla'ul Anwar Pusat Menes
Kelas / Semester : V / 1
Tema 3 : Sehat Itu Penting
Sub Tema 1 : Pentingnya
Kesehatan Diri dan Lingkungan
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : (6 x 35
menit) 1 x Pertemuan
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
3.2 Menguraikan
isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
:
¡ Mengidentifikasi pentingnya manfaat air
bagi makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) dari teks
Kompetensi
Dasar (KD)
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
Indikator
:
¡ Menyajikan teks tentang pentingnya air
dalam kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan,tumbuhan)
Matematika
Kompetensi
Dasar (KD)
3.5 Mengenal
dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
4.8 Menggambar
denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan
berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
Indikator
:
¡ Menggambar letak benda (atau rumah di
sekitar).
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan kegiatan mengamati gambar anak
menyiram bunga siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi makhluk hidup dengan
percaya diri.
¡ Dengan kegiatan menulis manfaat air bagi
manusia, siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi manusia dengan tekun.
¡ Dengan keterampilan mengamati gambar
tentang manfaat air, siswa dapat menyajikan hasil pengamatannya secara tertulis
dengan cermat.
¡ Dengan menulis hasil pengamatan gambar,
siswa dapat mengidentifikasikan manfaat air bagi manusia, tumbuhan, dan hewan
dengan mandiri.
¡ Dengan latihan menentukan arah suatu
benda/tempat, siswa dapat menggambar arah dan letak suatu benda/tempat dengan
cermat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Pentingnya air bagi kehidupan manusia dan
lingkungan.
¡ Letak suatu benda.
E. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan
dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Pentingnya
Kesehatan Diri dan Lingkungan”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang
meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Pada awal pembelajaran, guru
mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
§
Guru menstimulus pengetahuan dan
daya analisa siswa dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa: Mengapa air
penting bagi kehidupan manusia dan lingkungannya?
§
Biarkan siswa mengembangkan
jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan benda-benda atau
peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber
inspirasi.
|
180 menit
|
§
Siswa diminta untuk mengamati
beberapa gambar berkaitan dengan manfaat air.
|
||
§
siswa menuliskan hasil pengamatan
gambar pada kegiatan sebelumnya.
§
Guru menciptakan suasana belajar
yang demokratis, sehingga masing-masing siswa secara mandiri mampu menuliskan
hasil pengamatannya sesuai dengan imajinasi dan analisanya.
|
||
§
Siswa menggambar petunjuk arah
yang digunakan Edo menuju kelas.
§
Siswa menggambar sesuai dengan
petunjuk pada buku siswa.
|
||
§
Guru membuat ilustrasi sebagai
penghubung antar kompetensi, air dengan letak benda. Adapun kata kunci yang digunakan
sebagai penghubung adalah galon-galon air.
§
Siswa memahami arah mata angin,
sebagai dasar untuk mengetahui letak suatu benda.
§
Agar lebih menyenangkan, guru
dapat membuat kreasi pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahami
konsep mata angin, misalnya dengan simulasi.
§
Setelah memahami mengenai konsep
arah mata angin, siswa diminta untuk meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan tentang letak suatu benda dengan mengerjakan perintah soal pada
buku siswa.
§
Dengan memperhatikan letak Edo
dan galon, siswa mengerjakan soal secara mandiri.
|
||
§
Berdasarkan pertanyaan pada
buku siswa: Mengapa kamu butuh air? secara mandiri siswa diminta untuk
mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya
selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
§
Guru mengidentifikasi dan
menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat
pemahaman siswa mengenai manfaat air bagi manusia.
|
||
§
Siswa mengamati dan mengidentifikasi
kegiatan anggota keluarganya yang memerlukan air.
§
Selesai melakukan pengamatan,
siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.
§
Untuk mengoptimalkan kerja sama,
siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
|
||
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas V (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2014).
¡ Teks bacaan, dan gambar tentang peranan dan manfaat air.
H. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan
Gambar
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
Pengetahuan
|
Keseluruhan
jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar
mengelompokkan jawaban.
|
Keseluruhan
jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian
besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
|
Sebagian besar
jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian
besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
|
Hanya sebagian
kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya
sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban.
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam sebagian besar penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan
efisien dalam sebagian kecil penulisan.
|
SIkap
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai
juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat
baik dan terpuji.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang sangat baik .
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan.
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki.
|
Keterampilan
Penulisan
|
Keseluruhan
penulisan hasil mencerminkan hasil pengamatan yang sistematis dan benar serta
menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas.
|
Keseluruhan
penulisan hasil mencerminkan hasil pengamatan yang sistematis dan benar serta
menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
|
Sebagian besar
penulisan hasil mencerminkan hasil pengamatan yang sistematis dan benar serta
menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
|
Hanya sebagian
kecil hasil penulisan mencerminkan hasil pengamatan yang sistematis dan benar
serta menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.
|
Rubrik Mengetahui Letak Benda
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Melakukan seluruh prosedur
|
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.
|
75% langkah pengerjaan dilakukan.
|
50% langkah pengerjaan dilakukan.
|
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.
|
Jawaban lengkap
sesuai butir pertanyaan
|
Seluruh butir
pertanyaan diisi.
|
75% pertanyaan
diisi.
|
50% pertanyaan
diisi.
|
Sama sekali
tidak diisi.
|
Isi jawaban
sesuai pertanyaan
|
Seluruh jawaban
benar sesuai pertanyaan.
|
75% jawaban benar
sesuai pertanyaan.
|
50% jawaban
benar sesuai pertanyaan.
|
Jawaban sama
sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
|
Sikap
|
Percaya diri,
mandiri, dan rasa ingin tahu
|
Percaya diri,
sesekali meminta bantuan guru, dan rasa ingin tahu.
|
Tidak percaya
diri, mengandalkan bimbingan guru.
|
Menyontek .
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Guru Kelas V
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar